Dr. Oh's Golden Clinic : Program Yang Mengangkat Isu Kesehatan Mental

by - Oktober 15, 2022

 
Channel A


TV Show: Dr. Oh's Golden Clinic
Genre: Psychological, Life, Medical
Network: Chanel A, Netflix
Aired on:  Friday

World Mental Health Word Day 2022

Pada tanggal 10 Oktober 2022, bertepatan dengan "World Mental Health Day". Melalui Hari Kesehatan Mental Sedunia kali ini memberi kita kesempatan untuk menyalakan kembali upaya kita untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan mental, bagaimana kita perlu menjaganya, dan betapa pentingnya membicarakan berbagai hal dan mencari bantuan jika seseorang sedang berjuang.

Program Yang Mengangkat Isu Kesehatan Mental

Mental Illness telah menjadi salah satu tema yang diangkat dalam K-drama. Beberapa K-drama pilihan soompi tentang Psychology serta membawa tema kesadaran akan kesehatan mental bisa menjadi rekomendasi tontonan buat Kamu. Baca disini!

Anyways, Selain K-drama yang menyajikan tentang tema pshycology, program K-reality show juga banyak yang menyajikan tema serupa. 

Salah satu program reality show paling populer di Korea Selatan yaitu "Dr. Oh's Golden Clinic"  yang menghadirkan Dr. Oh Eun Young, yaitu seorang psikiater dan mentor bagi orang tua dan anak-anak. Dr. Oh membuka program konseling baru untuk semua orang, tanpa memandang usia dan generasi. Para tamu dapat berbicara apa yang  dipikirkan dan rasakan dengan bebas dan jujur di sini. 

Channel A

Tamu Membagikan Berbagai Macam Cerita dan Perjuangan Tentang Kesehatan Mental Mereka

"Dr. Oh's Golden Clinic" telah menghadirkan tamu dari kalangan publik figur Korea Selatan. Mereka akan membagikan dan berbicara tentang apa yang terjadi pada mereka, dan bagaimana mereka menanganinya.

Selebriti yang pernah hadir seperti Ikon, Winner, dan baru-baru ini yaitu Chu dari Loona telah membagikan kekhawatiran mereka dalam acara "Dr. Oh's Golden Clinic". Mereka membagikan tentang ​​tentang hubungan grup, personal struggles, kesehatan mental sebagai publik figur dan lainnya.


Winner, Ikon, Loona's Chu, Gyuri ex KARA at Dr. Oh's Golden Clinic

"Dr. Oh's Golden Clinic" adalah salah satu program dimana para publik figur dari berbagai generasi dan bidang ternyata juga mempunyai kekhawatiran yang berat. 

Dr. Oh's Golden Kids

Sebelum Dr. Oh's Golden Clinic, Dr. Oh hadir dalam program serupa yaitu Dr. Oh's Golden Kids.

Dilansir dari laman New York Time Square, panel dan selebriti yang hadir bersama Dr. Oh menyapa orang tua yang memiliki struggle dalam membesarkan/mendidik anak mereka seperti seorang anak berusia 9 tahun meneriaki ibunya, seorang anak berusia 5 tahun melukai diri sendiri,dan masalah lainnya. Video kehidupan rumah tangga keluarga itu ditayangkan. Dokter Oh kemudian memberikan nasihat dan membantu orang tua memahami anak-anak mereka, kemudian menenangkan mereka.

Program ini juga sempat mendapatkan pro dan kontra. Beberapa mempertanyakan kebijaksanaan, serta implikasi privasi, contohnya sifat temperamen anak-anak yang ditayangkan di Televisi, profil /nama lengkap serta wajahnya yang tidak di blur di media akan memberikan  dampak nyata terhadap privasi keluarga. 

Tetapi, menurut Dr. Oh bahwa pengaburan bisa mempersulit orang untuk berempati. Pemirsa, harus mempertimbangkan masalah yang ditayangkan di televisi sebagai bagian dari pengalaman manusia. 

Mungkin dengan ditayangkan di televisi pasti diatur sedemikian rupa agar bisa menarik penonton. Tetapi, Dr. Oh adalah seorang psikiater profesional, dia telah banyak membantu orang tua memahami anak-anak dan memberi pemahaman bagaimana mereka akan menghadapi keadaan tersebut.

Last but Not Least

Setiap orang memiliki struggle dan kekhawatirannya masing-masing. Ada yang bisa berbagi cerita dan ada juga yang hanya bisa berdiam diri dan menanggungnya sendiri. 

Fakta bahwa beberapa orang bersedia untuk berbagi perjuangan mereka di acara ini adalah salah satu cara agar orang-orang lebih aware terhadap kesehatan mental. Dr. Oh juga memberi tahu bahwa jangan takut untuk mendapatkan terapi atau minum obat bagi mereka yang membutuhkan pertolongan.

Melalui program ini, orang Korea dapat berbicara tentang kesehatan mental yang menjadi PR bagi banyak orang. 

 “Menunjukkan diri kamu apa adanya menunjukkan siapa kamu. Tidak ada alasan untuk berusaha terlalu keras. Berharap kamu akan melindungi diri kamu dengan baik. ” Dr. Oh Eun- young 


Happy Mental World Day Everyone



Sumber: World Health Organization, Mental Health Foundation, The New York Times
















You May Also Like

0 Comments