Proses Pendewasaan Realistis dari Drama Our Beloved Summer

by - Februari 03, 2022


source: Instagram KBS Drama Official


    Profile 

  • Title: Our Beloved Summer 
  • Director: Kim Yoon-Jin
  • Writer: Lee Na-Eun
  • Genre: Comedy, Romance, Documenter
  • Network: SBS
  • Platform: Netflix
  • Release date:  December 6, 2021 - January 25, 2022
  • Cast: Choi Woo-Sik, Kim Da-Mi, Kim Sung-Cheol

Choi Ung (Choi Woo-Sik) dan Kook Yeon-Su (Kim Da-Mi) putus 5 tahun yang lalu. Sebuah film dokumenter yang mereka rekam selama masa sekolah menengah mereka menjadi populer. sehingga mereka bertemu kembali dengan cara tak terduga berkat dokumenter yang mereka jalani 10 tahun silam. 

Our Beloved Summer merupakan proyek yang diliris dalam bentuk webtoon maupun drama. Di dalam webtoon akan menjadi prekuel yang menceritakan masa SMA Kim Da Mi dan Choi Woo Shik. Sementara, dalam drama akan menggambarkan versi dewasa keduanya.

Love and Hate Relationship 

Plot awal bercerita tentang Kook Yeon Seo siswi terpintar di sekolah, harus membuat dokumenter kehidupan sekolah dengan Choi Ung yang saat itu jadi siswa ranking terendah. Dilihat dari tema dokumenternya saja sudah bisa dipastikan kedua karakter ini sangat bertolak belakang. 

Source: Instagram SBS  Drama Official


Tetapi seiring berjalankan waktu, hubungan meraka yang seperti tom and jerry berubah menjadi kisah cinta yang manis di musim panas. Selama menjalin hubungan, mereka berdua mengalami beberapa kali masalah hingga putus nyambung. Katanya mereka memiliki love language (bahasa komunikasi) yang berbeda. 

Kisah mereka pun tiba-tiba berakhir ketika Yeon Su meminta putus dari Choi Ung tanpa alasan yang jelas, membuat mereka akhirnya berpisah dengan masing-masing memendam rasa kesal, dendam, dan cinta.

Bertemu Kembali (Melalui proses pendewasaan)

Beberapa tahun kemudian, Choi Woong tumbuh menjadi seorang ilustrator yang sukses, anak muda yang jujur dan berjiwa bebas. Sementara  Kook Yeon Su, seorang spesialis di bagian marketing.

Viralnya video dokumenter mereka waktu SMA membuat mereka dipertemukan kembali dan harus menjalani syuting dokumenter lagi dengan kisah lanjutan.  Pertemuan kembali mantan kekasih ini membuat penonton seolah merasakan rollercoaster emosi. Kita akan melihat pertengkaran, kejengkelan, serta penyesalan, tapi kita juga akan melihat kebahagiaan, penyembuhan, dan pengampunan


Source: Instagram SBS Drama Official

Saat menjalani syuting dokementer lagi, alur cerita akan semakin dibuat jelas dengan menunjukkan prespektif Choi Ung Dan Yeon Su. Plotnya dibuat bolak-balik antara masa lalu dan masa kini jadi kita akan mendapat pencerahan tentang cerita mereka yang belum selesai. 

Hubungan cinta Choi Ung dan bukanlah hubungan asmara ketertarikan sesaat. Mereka menghabiskan bertahun-tahun bersama, mulai dari masa remaja hingga menuju dewasa. Itu bukanlah sesuatu yang bisa di lupakan atau diabaikan begitu saja. Keduanya telah memainkan permainan talik ulur sejak saat mereka betemu kembali. 

Awalnya Choi Ung dan Yeon Su berpura-berpura seperti meraka baik-baik saja dengan berteman, tapi seiring berjalannya waktu diperlihatkan bahwa keduanya tidak baik-baik saja. Perasaan yang mereka miliki satu sama lain tidak dapat ditahan saat mereka mencoba berteman.

Kita akan menemukan bahwa setiap episode memberikan kita pemahaman yang lebih besar tentang dua karakter utama. Ini bukanlah suatu yang mudah  Oleh karena itu, butuh prespektif dari dua orang yang menjalin hubungan ini. 

Pada awalnya kita pasti berpikir bahwa ini hanyalah masalah komunikasi kan? Tetapi nyatanya bukan itu saja, Komunikasi itu penting, tapi kita harus mempertimbangan kendala yang menahan kita. Apakah itu keberhargaan atau ketakutan, tidak ada yang tidak penting. Baik Choi Ung dan Yeon Su menghadapi trauma masa lalu. Sebagai remaja itu bukan sesuatu yang ingin mereka hadapi. Sebagai orang dewasa mereka membuat pilihan untuk menghadapi rasa ketakutan ini satu sama lain. 

Second Lead (there are know how to distance themselves)

Perkembangan hubungan Choi Ung dan Yeon Su  membuat second lead dalam drama ini menjadi lebih kompleks.   

Appreciation buat karakter second lead di drama ini NJ, Kim Ji Ung, begitupun dengan Chae ran. Saya suka bagaimana karakter dalam drama ini tidak mengikuti strereotip seperti drama yang lain. Semuanya memiliki pendekatan yang matang terhadap masalah yang kadang-kadang bagi kebanyakan orang sulit dilakukan dalam kehidupan nyata. 



Kalian akan melihat bagaimana dewasanya mereka bertiga menempatkan dirinya dengan tidak melewati batas, mereka menunjukkan kepada kita bahwa bagaimana menghargai perasaan mereka sendiri serta orang lain. 

Episode special (Our Beloved Summer) 

Kalian penasarankan dengan hasil dokumenter dari kedua pemain utama yang pastinya akan menambah berkesannya setelah menonton episode terakhir. Tim produksi Our Beloved Summer sangatlah kreatif dan meaningfull dalam menggarap drama ini. Mulai dari detail dan konsepnya tersampai kepada penonton dengan sangat baik dan berkesan.

SBS merilis secara terpisah versi lengkap dari documenter Our Beloved Summer “The Return of Wise School Life’’.  Video berdurasi 35 menit itu dapat disaksikan di channel Youtube SBS. 

Selain itu, SBS juga menyiarkan 1 episode special Our Beloved Summer The Movie, ini mencangkup ringkasan siaran dan wawancara dengan para cast.  Walaupun ini hanya ringkasan sederhana tetapi ini adalah panduan bagi kita untuk mengetahui dan memahami karakter dari setiap episode serta kita kan memiliki gambaran tentang apa yang terjadi setelahnya. Sayangnya episode special ini baru tayang di SBS saja, kita tunggu pihak produksi akan menayangkan di platform online Netflix atau di platform lainnya.


         Special Full Documenter Video " The Return of Wise School Life

        source: SBS NOW Youtube Official

Last But Not Least

Drama ini penuh dengan kutipan yang mengesankan yang sangat releatable dengan realife. Pesan sarat makna mengenai kehidupan Kalian bisa membacanya di sini : Kumpulan Quotes Inspiratif Dan Realistis Dari Drakor Our Beloved Summer

Sinematografi yang tak kalah apik si sajikan dalam penggambaran yang sangat estetik sehingga kita bisa merasakan nuansa di setiap musim. Mulai dari summer, blueming, autum hingga winter. Drama ini disebut sebagai  drama terestetik diawal tahun 2022   

Drama ini sangat direkomendasikan kepada kalian yang menyukai cerita yang ringan tapi memiliki plot yang menarik dan berbeda, bukan kisah cinta yang klise tapi kisah yang memiliki value. 

Secara keseluruhan drama ini menceritakan proses pendewasaan dari karakter utama. Ceritanya dieksekusi dengan cara yang berbeda dari drama komedi romantis lainnya. 



You May Also Like

0 Comments