All Of Us Are Dead - Serangan Zombie Di Sekolah (Netflix)

by - Februari 10, 2022

Source: Netflixkr (instagram)

    Profil

  • Title: All of Us Are Dead
  • Director: Lee Jae Kyu, Kim Nam-Soo
  • Writer:  Joo Dong- Geun (webcomic), Chun Sung-Il 
  • Platform: Netflix
  • Episode: 12 episode
  • Genre: Zombie apocalypse, Horror
  • Release date: January 28, 2022
  • Cast:

    Park Ji-hu,
    Yoon Chan-young,
    Cho Yi-Hyun,
    Lomon,
    Yoo In-soo,
    Lee Yoo-mi,
    Kim Byung-Chul,
    Lee Kyu-Hyung,
    Jeon Bae-soo

Salah satu lagi series hits dari Netflix di awal 2022, yaitu All of Us Are Dead  kini  menjadi banyak perbincangan seiring naiknya popularitas yang memuncaki ranking tayangan Netflix secara global. 
Mengusung tema thriler zombie Korea Selatan kembali menghadirkan tontonan yang yang mencuri perhatian publik dengan settingannya. 

Memiliki alur yang tak kalah dengan series zombie lainnya, All of Us Are Dead berlatar belakang para siswa yang bertahan hidup dengan serangan zombie yang menyerang sekolah mereka.

Apakah serial Netflix kali ini worth to watching? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Sinopsis

Berawal dari balas dendam dan amarah yang dialami oleh seorang guru di SMA Hyosan yang mengetahui anaknya menjadi korban perudungan, tetapi tidak ditanggapi oleh pihak sekolah.

Kemudian dia menciptakan sebuah formula misterius untuk membantu putranya dengan memperkuat staminanya untuk melawan pelaku perundungan di sekolah. Tanpa diketahui bahwa eksperimen yang diciptakannya malah menghasilkan sebuah virus yang berbahaya yang menjadi dasar plot dari series ini.

Diadaptasi dari webtoon Now at Our School, Series All of Us Are Dead berlatar belakang tentang anak sekolah SMA Hyosan yang berjuang bertahan hidup melawan serangan para zombie. 

Plot Cerita Yang Diangkat Dari Berbagai Isu Sosial 

Sejak awal episode dimulai, All of Us Are dead langsung mengajak penonton masuk ke dalam konflik utama dan membawa ketegangan yang terjadi di SMA Hyosan yang sedang terkena wabah zombie yang menyeramkan.

Serial ini bukan sekadar bercerita mengenai zombie, tetapi juga menggambarkan kondisi manusia yang hidup dari semua lapisan masyarakat. Mulai dari para siswa, guru, polisi, militer, politikus, sampai keluarga terlibat dalam alur cerita dengan mempunyai pandangan yang kompleks akan peristiwa yang terjadi.

Garis utama dari serial ini adalah tentang bagaimana remaja berjuang melewati situasi yang berbahaya.  Dalam setiap adegannya kita akan dapati bagaimana anak sekolah yang berjuang  untuk bertahan hidup dalam situasi bahaya melawan zombie dengan memakai berbagai cara tanpa adanya alat perlindungan diri dan hanya bermodalkan peralatan sekolah seadanya serta ide yang di luar rasional. 


Potret para siswa berjuang melawan Zombie



Membuat keputusan yang beresiko diliputi ketegangan emosional dan kebingungan oleh para siswa menambah kompleks plot cerita . 

Fenomena bullying yang tak ditanggapi oleh pihak sekolah, pelecehan seksual,  serta dampak dari pelaku, serta trauma dari korban. Serta terdapat bumbu kisah romansa tipis yang dialami para tokoh, dan struktur sosial anak-anak kaya yang memandang rendah teman sekelasnya. Semua sub-plot yang disuguhkan saling berhubungan dan memperkuat alur cerita yang sudah ada meskipun masih meninggalkan beberapa kejanggalan dalam cerita.

Adegan Action Menegangkan dan Cinematograpic  Yang Epik

Berbicara mengenai serial zombie Korea Selatan bukan rahasia lagi tentang setting tempat serta adegan action yang dieksekusi dengan sangat baik dan membuat penonton takjub akan hal itu. Selain itu serial Netflix sudah pasti totalitas dalam suguhan sinemanografinya.

Fun fact :

Sutradara Lee mengungkapkan bahwa proses pengambilan gambar dilakukan di sebuah gedung buatan dengan tinggi 4 lantai dan memiliki panjang 100 meter. Untuk menambah kesan sekolah sungguhan sang sutradara memainkan pencahayaan dan kontras warna. Meski bukanlah di sebuah sekolah sungguhan, gedung buatan All of Us Are Dead ini terlihat nyata.

Selain itu pemilihan seragam anak SMA yang berwarna hijau adalah salah satu teknik agar bisa memaparkan bahwa hijau menciptakan intensitas warna yang kontras dengan warna lainnya, terutama merah untuk darah. 

Sutradra Lee Jae Kyu mengatakan bahwa setiap adegan melewati banyak metode pengambilan gambar yang dikerjakan dengan teliti.  Mulai dari teknik pengambilan gambar One-Shot/Long take di beberapa adegan. 

Hal lain yang tak kalah epic adalah adegan action dari para pemain yang melawan zombie.  Banyak adegan perkelahian dalam drama ini. Para pemeran harus melatih adegan action dengan melakukan pelatihan ela diri  dengan sangat keras sehingga adegan actionnya terlihat sangat memukau.


Adegan action para pemain dan  zombie 

Kemudian tentu saja penampilan zombie yang tampil dalam series ini juga terlihat sangat mengerikan dengan riasan darah dan organ-organ yang rusak disertai adegan mereka yang sangat mengerikan di eksekusi dengan sangat baik. Pihak produksi mengatakan bahwa para pemain melatih keografi untuk detail dalam memeragakan mayat hidup tersebut.

Adegan-adegan yang penuh ketegangan tersebut sebagian besar dibuat juga oleh teknologi CGI. Meski begitu beberapa latar dibentuk oleh CGI tapi tetap tidak mengurangi kesan menakutkan.

Akting Para Cast dan Perkembangan Karakter

Poin plusnya dari series Netflix kali ini yaitu para cast yang sangat berhasil mengeksekusi karakter mereka dengan sangat baik, kita bisa merasakan ketegangan, emosi, kesal, sedih secara bersamaan saat menonton series ini.

Kita bisa menemukan berbagai karakter yang berbeda-beda dengan latar belakang yang berbeda pula. Sepanjang cerita para pemain memberikan usaha yang terbaik untuk melindungi satu sama lain dengan cara mereka. Mereka berhasil menghidupkan jalan cerita dan membuat banyak penonton jatuh cinta kisah persahabatan dan karakternya masing-masing.



Cast All Of Us Are Dead

Selain itu, perkembangan karakter akan kalian temukan semakin berkembangnya episode. Bagaimana akhir kisah dari para pelaku dan korban bully, Bagaimana dalam situasi berbahasa ini kita bisa melihat karakter yang membuat kita kesal karena dampak dari situasi yang dihadapi. Kalian setelah menonton serial ini pasti akan memiliki kenangan yang kuat terhadap masing-masing karakter.

Last But No Least

Pertama kita harus sama-sama sadar dulu kalau film/series itu salah satu karya yang penilaian akan subjektif, karena sesuai selera masing-masing.

Pada dasarnya ide cerita nya menarik dan keputusan atas kejadian yang menimpa mereka itu menggambarkan khas anak sekolah.Ada pelajaran yang bisa kita ambil dari series ini yaitu tentang trust, friendship, dan faithfulness.

Yang kurang dari series ini mungkin plot detail penjelasan  yang tidak disampaikan dengan jelas dibeberapa scene, mungkin bisa kita temukan nanti jika diproduksi season duanya. 

Di lihat dari antusias netizen di sosal media tentang series ini,  ada berbagai macam pendapat, ada yang sangat menyukai dan ada yang biasa saja. Itu tergantung selera masing-masing.


Source: Netflixkr (Instagram)

Untuk itu k-wave diary merekomendasikan series ini bagi kalian yang menyukai series zombie, kalian akan bisa menikmati series ini karena plot-nya yang menyeramkan sekaligus membuat berkesan. Kemudian beberapa detail kecilnya membuat serial ini tampil berbeda dibandingkan kisah zombie pada umumnya. walaupun ada beberapa scene yang mungkin mengganjal. Tetapi ini warth to watching.

Tapi untuk kalian yang kurang suka dan takut akan genre thriller  zombie kalian bisa juga menikmati All of Us Are Dead,  kalian bisa fokus dengan alur cerita yang sangat menarik dan membuat penasaran disetiap episodenya. Tapi harus siap-siap yah untuk menyaksikan  adegan yang sangat realistis dari penampilan para zombie.

Bonus clip
Sebagai refreshing  seteleh menyelesaikan ke 12 episode dari All of Us Are Dead, kalian bisa menonton cuplikan seru dari para cast saat bermain games dan berinteraksi satu sama lain. 

 
                                                       
 Source: Netflix Korea (Youtube)


Happy Watching ...



You May Also Like

0 Comments